Tuesday, September 6, 2016

About UNIKAMA (Universitas Kanjuruan Malang )



 Back to me, heyhey...jangan lupa kalo baca blog saya sambil nyemil apal- apalah, yang penting sediain makanan dulu ya, takut lupa makan siapa ntar yang ngingetin #eh.
Ini gue ambil dari Wiki, nih sekolah baru Gue gan, whwhwhwh.Saya juga tidak kepikiran ber sekolah di sini, yayyayaya mungkin ini kehendak yang diatas ya, eh g tau lah. Langsung aja simak gan….. all about UIKAMA



  I. About Kanjuruan University :

Universitas Kanjuruhan Malang adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka di Kota Malang dan merupakan proses pengembangan merger antara IKIP PGRI Malang dengan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Kanjuruhan Malang yang bernaung di bawah bendera Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi PGRI. Yayasan ini kemudian berubah menjadi Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP PT PGRI). Dengan demikian, berdirinya Universitas Kan-juruhan Malang merupakan proses pengembangan perguruan tinggi PGRI dengan SK Mendiknas nomer 106/D/0/2001.Sebelum menjadi sebuah universitas, perjalanan panjang telah mewar-nai perguruan tinggi ini. Pasang surut penyelenggaraan telah dialami dengan berbagai tantangan dan halangan, tetapi dengan dilandasi moto Brilliant, Bright, future membuat perkembangannya semakin mantap.Gagasan yang dirintis untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan PGRI di Jawa Timur lahir dari peran tokoh pejuang PGRI. bernama Abdul Radjab (almarhum). Pendirian Pendidikan Tinggi PGRI bertujuan untuk meningkatkan pendidikan para guru, yang pada waktu itu tidak mendapat kesempatan melanjutkan studi ataupun tugas belajar dari pemerintah. Mengingat, sejak proklamasi sampai dengan tahun 1960-an tugas belajar untuk studi lanjut bagi guru amatlah langka.
Atas pertimbangan fakta tersebut Bapak A. Radjab beserta para pendukungnya membuka suatu program pendidikan Tinggi PGRI bagi guru-guru tersebut. Ide besar ini kemudian direalisasikan pada tahun 1957 dalam bentuk program pendidikan tinggi PGRI, kursus BI (tiga tahun), dan ilmu mendidik. Pada perkembangannya, setelah kursus BI meluluskan beberapa kali lewat ujian negara, kemudian berubah menjadi FKIP PGRI Malang. Setelah keluar SK Presiden No.1 Tahun 1963 tentang Integrasi Pendidikan Tinggi, selanjutnya FKIP PGRI berubah menjadi IKIP PGRI Malang.Seiring dengan perkembangan pendidikan, banyak keinginan para guru untuk mendapatkan pendidikan tinggi. Untuk mewadahi keinginan itu kemudian dibukalah Extension Course di beberapa daerah di Jawa timur. Program ini kenyataannya dapat berkembang dengan pesat. Demi efisiensi dan efektivitas pengelolaan, dibentuklah pusat-pusat penggerak sebagai berikut.
  • Pusat I    : Malang - yang berorientasi kurikuler ke IKIP Negeri Malang
  • Pusat II   : Surabaya - yang beorientasi kurikuler ke IKIP Negeri Surabaya
  • Pusat III  : Madiun - yang berorientasi kurikuler pada IKIP Negeri Malang dan Surabaya
Kepesatan perkembangan IKIP PGRI pada perjalanannya tidak dapat berjalan lama. Yang diakibatkan oleh perkembangan politik Indonesia yang tidak menguntungkan PGRI. Praktis sejak 1966 di Malang tidak ada IKIP PGRI lagi.
Kelahiran Kembali IKIP PGRI Malang
Setelah kurang lebih 9,5 tahun di IKIP PGRI Malang tidak ada perkuliahan, kemudian atas prakarsa anggota cabang PGRI Malang II waktu itu, yakni Drs. H. Soenarto Dd., S.H., M.Si., Drs. H. Moch. Amir Soetedjo, S.H, M.Pd., dan Dr. Hadi Sriwiyana, M.M. dirintis lagi Pendidikan IKIP PGRI dengan penasehat Bapak A. Radjab. Maka pada tanggal 20 Mei 1975 diresmikan lagi berdirinya IKIP PGRI Malang yang kemudian menjadi cikal bakal pendirian Universitas Kanjuruhan Malang. Pada perkembangannya, terbit ketentuan pemerintah yang mengharuskan setiap perguruan tinggi memiliki yayasan pendiri di tempat pelaksanaan kuliahnya. Untuk menindaklanjuti ketentuan ini, maka pada tahun 1985 IKIP PGRI Malang berdiri dengan rektornya Drs. H. Soenarto, Dd. S.H., M.Si. Sebagai Konsultan akademis ditunjuk dosen IKIP Negeri Bpk. Drs. Soedarsono. Kemudian, karena kepindahannya ke Jakarta kedudukannya diserahkan kepada Bpk. Drs. F.I. Sukarman, M.Pd., sedangkan Bapak Drs. H. Moch. Amir Sutedjo, S.H., M.Pd. sebagai pembantu rektor, dan Dr. Hadi Sriwiyana, M.M. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi.Pengelolaan dan penyelenggaraan IKIP PGRI Malang dilaksanakan dengan prinsip:
  • kooperatif, kolektif, dan kekeluargaan dengan dilandasi kemitraan swasta dan negeri
  • inovatif, flexible, dan Hard working
  • mengikuti ketentuan-ketentuan pemerintah
Ketiga prinsip dasar tersebut memberikan ”survival value” (nilai bertahan hidup), terutama untuk menggapai apa yang dikatakan Edgar Faure sebagai “Education for Today and Tomorrow”. Sungguh pengalaman manajemen keuangan (financial intelligence) from nothing to something diperoleh dari masa lalu. Berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan dilandasi sikap mental positif untuk berprestasi di bidang pendidikan (The Need for Education Achievement), maka akhirnya berhasil diwujudkan berdirinya Universitas Kanjuruhan Malang yang megah dan lengkap fasilitasnya.Latar belakang pengalaman yang panjang telah memberikan fondasi yang kuat dalam menciptakan tradisi keilmuan di perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengab-dian pada masyarakat. Hal itu telah terbukti dari kepercayaan selama lebih kurang tiga puluh tahun yang diberikan pemerintah dan masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi. Outputnya telah terbukti mampu berperan serta dalam memajukan iklim pendidikan khu-susnya dan masyarakat pada umumnya. Dari proses kelahirannya dapat dikatakan bahwa universitas Kanjuruhan Malang merupakan per-guruan tinggi yang sudah lama berdiri, memiliki usia matang, dan banyak pengalaman dalam penye-lenggaraan pendidikan. Berbagai pengalaman tersebut menjadi modal yang sangat berharga dalam penciptaan percepatan pembelajaran (accelerated learning).
Saat ini Universitas Kanjuruhan Malang terus berbenah melengkapi diri dengan berbagai fasilitas yang mampu mempercepat pembelajaran, baik itu pembangunan fisik maupun nonfisik. Secara internal penciptaan iklim pendidikan yang kondusif dan profesional dilakukan dengan membangun gedung-gedung baru untuk perkantoran dan ruang perkuliahan, perpustakaan representatif yang dilengkapi katalog dengan sistem komputerisasi, pemberian tugas belajar pada dosen untuk menempuh program magister dan doktor. Secara eksternal, dilakukan dengan membangun sinergi kerja dengan berbagai lembaga, baik lembaga swasta seperti industri, perbankan, perhotelan, dan lain-lain maupun lembaga pemerintahan.
Setelah menjadi Universitas Kanjuruhan Malang, obsesi ke depan yang ingin direalisasikan yakni menjadi universitas yang mempunyai keunggulan program yang mampu menjawab tantangan zaman dengan keunggulan tertentu, misalnya twinning program, double profession, entrepreneurship, dan e-learning.
  

II. Fakultas/Prodi :

Fakultas :

Fakultas Ilmu Pendidikan
Fakultas Sains & Teknologi
Fakultas Ekonomi & Bisnis
Fakultas Hukum
Fakultas Bahasa & Sastra
Fakultas Peternakan


Program Studi :

Bimbingan Konseling
Pendidikan Kewarganegaraan
Sastra Inggris
Bahasa Jepang
Akuntansi
Manajemen (Ekonomi)
Manajemen (Informatika)
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Fisika
Pendidikan Geografi
Pendidikan Guru PAUD
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Matematika
Sistem Informasi
Teknik Informatika

 
IV. Organisasi Mahasiswa di Universitas Kanjuruhan Malang 

A. Lembaga Tinggi Mahasiswa
1. MM (Mahkamah Mahasiswa)
2. MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa)
3. DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa)
4. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

B. Unit Kegiatan Mahasiswa
1. UKM KSR-PMI
2. UKM HIMPA
3. UKM HIMPIS
4. UKM OLAHRAGA
5. UKM PRAMUKA
6. UKM HMJF
7. UKM MENWA
8. UKM AL-FAROBI
9. UKM PMK
10. UKM PWK
11. UKM PARAMA
12. UKM GARANK
13. UKM PERISAI DIRI
14. UKM PENALARAN
15. UKM PSHT
16. UKM TAEKWONDO
17. UKM KARATE
18. PMHD

C. Senat Mahasiswa Fakultas
1. SMF ILMU PENDIDIKAN
2. SMF BAHASA & SASTRA
3. SMF SAINS & TEKNOLOGI
4. SMF EKONOMIKA & BISNIS
4. SMF HUKUM
6. SMF PETERNAKAN

D. Himpunan Mahasiswa Program Studi
1. HMPS BK
2. HMPS PEND. EKONOMI
3. HMPS PPKN
4. HMPS PEND. GEOGRAFI
5. HMPS PEND. MATEMATIKA
6. HMPS PEND. FISIKA
7. HMPS PEND. SASTRASIA
8. HMPS PEND. BHS. INGGRIS
9. HMPS PGSD
10. HHMPS PAUD
11. HMPS SASTRA INGGRIS
12. HMPS BAHASA JEPANG
13. HMPS TEKNIK INFORMATIKA
14. HMPS SISTEM INFORMASI
15. HMPS AKUNTANSI
16. HMPS MANAJEMEN


 Kampus ini merupakan kampus The Multicultural University alias kampus yang multicultural disini ada mahasiswa dari Sabang sampau Merauke teman-teman.Papua,Maluku,Sulawesi,Sumbawa,Sumatra capek deh kalo disebutin satu-satu. Teman-teman dari wilayah tersebut tidak hanya satu atau dua orang aja teman tapi puluhan hehehe.Jangan heran kalo di sekitar sini banyak orang yang dari wilayah Timur ya.Karena motto kita adalah kita bangsa yang satu yaitu Bangsa Indonesia, inget ya jangan pilih-pilih teman atau berkubu.Karena pengalaman adalah dari teman yang berharga.Disini juga ada banyak beasiswa teman-teman so jangan kawatir kalo tidak keterima di PTN sekolah aja disini.Di UNIKAMA ini termasuk kampus yang kualitasnya baik loh jangan kaget loo,ya meskipun pandangan teman-teman berbeda.Lakuin dulu sebelum kamu menyimpulkan yah hehe, g maksud kok saya juga bukan marketing dari UNIKAMA tapi sebagai mahasiswa yang baik jadi harus  bangga menjadi mahasiswa UNIKAMA apapun yang terjadi tetap lakuin yang terbaik bagi dirimu dan kampusmu.Karena ada peribahasa “DIMANA  BUMI DIPIJAK DISITU BUMI HARUS DIJINJING” tau kan peribahasa itu kan gaes.Karena ilmu itu tidak diukur dimana kita menimba ilmu, tapi seberapa besar ilmu yang kita dapatkan dan seberapa besar manfaat bagi kita dan orang sekitar INGET ITU TEMAN.Jangan putus asa kalo tidak keterima di universitas impian,tenang masa depan masih panjang masih banyak yang harus kita lakukan.So jangan pernah menyerah ya hehehe.Agak BAPER sih hehe soalnya itu dari pengalaman saya sendiri tidak dibuat-buat.Semoga  tittle of all about UNIKAMA and sedikit motivasi dari saya bermanfaat yah.Ganbatte, becauce if you have many experience sad and happy make you strong ok! Tuhan g bakal menguji hambanya melalui batasan kok, so be positive thingking ok J
Wassalam…



0 comments:

Post a Comment